Sukses

Pemudik Mulai Padati Terminal Cicaheum Bandung

Terminal Bus Cicaheum, Kota Bandung mulai dipadati pemudik. Pantauan di lokasi, jumlah pemudik terus berdatangan sejak siang hari.

Liputan6.com, Bandung Terminal Bus Cicaheum, Kota Bandung mulai dipadati pemudik. Pantauan di lokasi, jumlah pemudik terus berdatangan sejak siang.

Kepala Terminal Cicaheum Bandung, Roni Hermanto mengatakan, pada hari ini atau H-6 Lebaran, terlihat ada penumpukan penumpang untuk jalur Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) khususnya tujuan Tasikmalaya dan Pangandaran.

"Tadi sempat terlambat armadanya karena ada kemacetan di jalur selatan khususnya di Limbangan. Tapi sudah kita atasi semua," kata Roni saat ditemui di Terminal Cicaheum, Kamis (30/5/2019).

Menurutnya, jumlah penumpang di Terminal Cicaheum mengalami lonjakan hingga 5 persen sejak H-7 Lebaran 2019 atau pada Rabu kemarin. Sebanyak 3.089 penumpang telah diberangkatkan dari terminal tipe A tersebut.

Lebih lanjut Roni menuturkan, peningkatan jumlah penumpang tersebut terlihat dari data tahun sebelumnya. Di mana pada H-7 Lebaran pada 2018 lalu sebanyak 2.945 penumpang.

"Kami memberangkatkan 3.089 orang. Berarti ini naik 5 persen dari tahun 2018 yang berjumlah 2.945 orang," katanya.

Untuk mengangkut penumpang pada mudik 2019 ini, pihaknya menyiapkan 203 bus. Dengan rincian 86 AKAP, 82 AKDP, 20 bus bantuan Damri dan 15 bus cadangan AKAP dan AKDP.

"Untuk hari puncaknya, berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi tahun demi tahun, Terminal Cicaheum itu terjadinya pada H-3 atau H-2," kata Roni.

Adapun fasilitas penunjang yang disediakan pihak terminal untuk para pemudik yaitu pos kesehatan, pos keamanan, toilet, ruang tunggu dan ruang informasi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.