Hasil Quick Count Perlihatkan 9 Parpol Lolos ke Senayan, Siapa Saja?

Oleh Maria Flora pada 18 Apr 2019, 08:40 WIB
Diperbarui 18 Apr 2019, 08:40 WIB

Fokus, Jakarta - Berdasarkan hitung cepat atau quick count, hanya ada sembilan partai yang lolos dari 16 partai politik yang bertarung di Pemilu 2019. Partai yang tidak lolos tidak bisa mengindari ambang batas 4 persen.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (18/4/2019), Saiful Mujani Riset and Consulting (SMRC) merilis hasil quick count pemilihan legislatif.

Menurut SMRC hanya sembilan partai politik yang bakal lolos ke Senayan yakni PDIP, Gerindra, Golongan Karya, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP.

Tiga partai politik lama yakni Hanura, PBB, PKPI, serta empat partai politik pendatang baru, PSI, Perindo, Partai Berkarya, dan Garuda terancam gagal karena perolehan suara tidak mencapai ambang batas parlemen 4 persen.  

Lembaga surveI CSIS-Cyrus Network juga mencatat ada tujuh partai politik yang diprediksi tak lolos ke DPR RI karena tidak memenuhi ambang batas parlemen 4 persen, yakni Perindo, Berkarya, PSI, Hanura, PBB, Garuda dan PKPI.  

Sementara itu PDIP, Golkar, dan Gerindra bertengger di posisi tiga besar. Enam partai lainnya, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN dan PPP ikut lolos ke Senayan.