KPU Tambahkan Doa Bersama dan Komitmen Pemilu Damai pada Debat Pamungkas Pilpres

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 08 Apr 2019, 12:16 WIB

Fokus, Jakarta - Lima hari lagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat yang akan mempertemukan calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2019. Debat kelima tersebut akan menjadi pamungkas dari rangkaian debat yang sudah berlangsung sejak Januari.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (8/4/2019), debat pertama bagi capres dan cawapres digelar pada 17 Januari lalu. Bertempat di Hotel Sultan, Jakarta, itulah pertama kalinya dua pasangan calon atau paslon saling berinteraksi dan melempar pertanyaan dalam forum debat yang digagas KPU.

Dan 13 April, rangkaian debat memasuki tahap akhir dengan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. Dalam debat terakhir tersebut dua paslon itu kembali dipertemukan. Dengan demikian debat pada Sabtu nanti akan menjadi debat kedua yang lengkap dihadiri seluruh capres maupun cawapres.

KPU juga sudah menetapkan moderator untuk memandu jalannya debat tersebut, yakni Tommy Ristanto dan Balques Manisang. Format debat masih sama seperti debat keempat.

Hanya saja, dalam debat pamungkas, ada tambahan doa bersama dan pernyataan komitmen dari masing-masing paslon termasuk partai pendukung untuk menciptakan pemilu yang damai dan demokratis.

10 pakar dan akademisi telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panelis dalam debat yang juga akan disiarkan langsung oleh Indosiar mulai pukul 18.00 WIB pada Sabtu 13 April 2019.