Komitmen KPU dan Panelis Jaga Integritas Debat Pilpres 2019

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 28 Mar 2019, 13:46 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman didampingi Komisioner KPU Viryan Aziz bersama sembilan panelis serta moderator debat keempat Pilpres 2019 berkomitmen menjaga integritas dan bertugas secara profesional serta memperlakukan kedua pasangan calon secara adil dan merata.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (28/3/2019), penandatanganan di ruang Istana Ballroom, Hotel Sari Pan Pasific, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu siang merupakan upaya menjaga komitmen panelis dan moderator, baik dalam penyusunan pertanyaan maupun saat berlangsungnya debat 30 Maret 2019.

Untuk debat keempat yang bertema ideologi, pemerintahan, pertahanan dam keamanan, dan hubungan internasional, Sabtu mendatang, terpilih sebagai moderator debat adalah Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi. Keduanya bernaung di bawah Emtek Group.

Retno Pinasti adalah jurnalis senior yang kini menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi Liputan 6 SCTV. 22 tahun pengalaman di industri media dan televisi mengantarkan Retno sebagai moderator debat keempat Pilpres 2019.

Sementara, Zulfikar Naghi ternyata mengawali karirnya sebagai model dan abang Jakarta sebelum terjun ke dunia jurnalistik. Kini ia menduduki jabatan sebagai executive producer di Indosiar.

Nama moderator diputuskan lewat kesepakatan KPU, TKN Jokowi-Ma'ruf, dan BPN Prabowo-Sandi. Nama keduanya muncul setelah melalui proses pencermatan rekam jejak dan dinilai punya kemampuan dan independen.

Uang menarik, dalam debat keempat ini, KPU bersama kedua tim kampanye juga menyepakati sejumlah nama host atau pembawa acara yang juga dari kalangan jurnalis. Mereka akan bertugas dalam prosesi pengundian debat, konferensi pers, dan wall of fame.

Live Streaming

Powered by