VIDEO BERANI BERUBAH: Anggrek, dari Hobi Jadi Rezeki

VIDEO BERANI BERUBAH: Anggrek, dari Hobi Jadi Rezeki

Rohimah hanya bisa mengelus dada saat pandemi Covid-19 dinyatakan telah masuk Indonesia. Ini adalah sebuah kabar buruk baginya yang memiliki usaha travel agent di Banyuwangi, Jawa Timur. Dan benar saja, saat aturan PSBB dan larangan bepergian diumumkan, usaha Rohimah jadi terpuruk.

Bisnis yang tadinya memberikan dia omzet Rp300 juta per bulannya, kini tak menghasilkan apa-apa dan merugi. Bila ingin mempertahankan semua karyawannya, Rohimah harus Berani Berubah. Karena hobi dengan tanaman anggrek, ide untuk membudidayakannya pun muncul. Dia yakin bahwa anggrek memang memiliki nilai jual komersial yang luar biasa.

Kini, Rohimah memiliki Raung Orchid, tempat museum dan budidaya anggrek. Keindahan anggrek Rohimah pun sudah terdengar sampai luar kota. Pembeli yang awalnya hanya warga sekitar kini juga berdatang dari luar Banyuwangi.

Tak hanya sampai disana, Rohimah turut merekrut orang-orang yang terkena PHK dari perusahaan-perusahaan. Niatnya untuk membantu mereka agar bisa kembali memiliki penghasilan lewat budidaya anggrek. Kurang lebih sekarang sudah ada 7 orang karyawan korban PHK yang Rohimah ajak untuk bekerja bersamanya.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

Ringkasan

Oleh Mohamad Hafiz Aldi, Ratu Annisaa Suryasumirat, Chandra Bayu Witantra, Rio Pangkerego pada 08 February 2021, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights