VIDEO BERANI BERUBAH: Bukan Selokan tapi Kolam Ikan

Oleh Chandra Bayu Witantra pada 28 Des 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 28 Des 2020, 06:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Warga Kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta memiliki suatu hal unik hasil rembukan bersama di kala pandemi Covid-19. Berdiam diri di rumah ternyata membuat mereka menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Melihat keadaan air irigasi yang tercemar dan dengan adanya waktu luang, warga pun bergerak untuk membersihkannya. Dibantu dengan peran pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Kampung Mrican, mereka menyulap selokan yang semula kotor menjadi kolam ikan.

Diberi nama Bendhung Lepen, warga menaruh banyak sekali bibit ikan yang kini dapat dipanen rutin setiap 4 bulan sekali. Hasil panen pun diutamakan untuk para warga sendiri yang sudah ikut merawat Bendhung Lepen. Selain itu, pembersihan juga selalu dilakukan guna menekan penyebaran virus corona.

Siapa sangka, tempat ini juga menjadi lokasi wisata baru bagi para turis yang penasaran. Adanya pengunjung ini juga membawa banyak manfaat bagi para penjual sekitar.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.