VIDEO BERANI BERUBAH: Paskibraka di Tengah Pandemi Covid-19

VIDEO BERANI BERUBAH: Paskibraka di Tengah Pandemi Covid-19

Upacara peringatan HUT ke-75 Indonesia di Istana Merdeka akan menjadi sangat berbeda pada tahun ini. Pandemi Covid-19 mengubah tata cara pelaksanaan momen detik-detik Kemerdekaan yang diperingati setiap tahunnya.

Terlihat pada keberadaan para pengibar bendera pusaka atau lebih dikenal Paskibraka yang akan bertugas di Istana Merdeka, Senin, 17 Agustus 2020 ini.

Jika pada momen perayaan Kemerdekaan sebelumnya, anggota Paskibraka mencapai 68 orang, kini dibatasi 2 perwakilan dari setiap provinsi. Total hanya 8 orang yang bertugas mengibarkan sang saka merah putih.

Langkah drastis memang harus diambil, impian harus dipupuskan demi keselamatan bersama dari penyebaran Pandemi Covid-19. Meski di tengah keterbatasan, Paskibraka harus berani berubah, baik secara jumlah, protokol kesehatan, maupun aturan formasi.

Koordinator Pelatih Paskibraka, Mayor Inf Suswan menyebut upacara pengibaran tahun ini minimalis. Berbagai aturan ketat demi keselamatan diterapkan.

Semuanya harus memperhitungkan pembatasan jarak sekitar kurang lebih 2 meter, meminimalisir kontak antar anggota, serta masker tak luput melindungi wajah. Bahkan, proses seleksi pun tak seperti tahun lalu.

Ayo saksikan bagaimana anggota Paskibraka 2020 tetap bersemangat mengibarkan bendera di tengah pandemi dalam program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program Berani Berubah tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 05.30 WIB, dan akan tayang di liputan6.com serta merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ringkasan

Oleh Reza Zakaria, Ratu Annisaa Suryasumirat, Chandra Bayu Witantra, Rio Pangkerego pada 17 August 2020, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights