Tanggapi Pernyataan Tito, Anies: Pelajaran Pentingnya Adalah Transformasi Sebuah Negara

Oleh Fadjriah NurdiarsihMaria Flora pada 27 Nov 2019, 14:39 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 14:39 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ke-6 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu masih menyisakan rasa keingintahuan publik.

Betapa tidak, Mendagri Tito Karnavian saat menyampaikan materi dan membandingkan perkembangan Kota Beijing, China, dengan ibu kota Jakarta.

Dalam 20 tahun, perkembangan perekonomian China yang sangat pesat melampaui Amerika Serikat mengubah wajah Kota Beijing. Seiring dengan kondisi ekonomi yang semakin baik, tata kelola perkotaan di China juga semakin baik.

"Saya yakin, kalau Pak Anies ke China, Jakarta kayak kampung dibandingkan dengan Shanghai," ucap Mendagri Tito Karnavian.

Gubernur DKI Jakarta yang hadir dalam acara ini menanggapi statement Mendagri sebagai pesan untuk bertransformasi sebuah negara guna mengejar ketertinggalan pembangunan di berbagai bidang.

"Pelajaran pentingnya adalah pesan transformasi sebuah negara, lebih dari soal kata kampung. Memang menarik, tapi sesungguhnya ini sebuah pesan penting bagaimana transformasi sebuah negara itu terjadi, dikerjakan dengan konsisten selama beberapa dekade, dan sekarang mereka merasakan buahnya," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies menambahkan, Jakarta juga sudah mulai bertransformasi dari sisi transportasi. Integrasi transportasi di Ibu Kota mendorong pengguna kendaraan umum meningkat sekitar dua kali lipat, dari 388 ribu menjadi 700 ribu dalam kurun waktu 2 tahun.

Tanggapi Pernyataan Tito, Anies: Pelajaran Pentingnya Adalah Transformasi Sebuah Negara 

Live Streaming

Powered by