Sungai di Jepara Berubah Jadi Pink, Kok Bisa?

Oleh Maria Flora pada 16 Nov 2019, 13:36 WIB
Diperbarui 16 Nov 2019, 13:36 WIB

Fokus, Jepara - Warna merah muda di Sungai Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah, bukan karena fenomena alam. Tapi akibat ulah para perajin tenun desa setempat yang membuang limbah pewarna.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (16/11/2019), bukan hanya merah muda, warna sungai yang berada di tengah desa tersebut akan berubah sesuai limbah pewarna tekstil yang dibuang.

Bau tak sedap juga merebak. Pencemaran yang sudah berlangsung lama tersebut ikut pula mencemari sumur warga. Setidaknya ada empat sumur yang terpaksa ditutup karena airnya sama sekali tak bisa dipakai.

Hampir semua selokan dan sungai kecil di Desa Troso pun ikut tercemar. Desa Troso selama ini dikenal sebagai sentra kerajinan tenun ikat. Namun, belum ada instalasi pengolahan air limbah yang memadai hingga para pengrajin membuang limbah begitu saja ke selokan atau sungai. 

Air sumur tercemar tak bisa dipakai untuk memasak. Warga pun hanya bisa memanfaatkannya untuk mencuci dan mandi. Itupun mengeluarkan aroma tak sedap.

Saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara tengah memeriksa kadar pencemaran di sungai tersebut. Diduga kuat pencemarannya sudah melebihi baku mutu air. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya