Kembali Jadi Ketum Nasdem, Surya Paloh: Bukan Hal Mudah

Oleh Maria Flora pada 11 Nov 2019, 10:01 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara kongres kedua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terus bergulir. Minggu sore, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh membuka pasar restorasi di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (11/11/2019), terhadap sikap 34 dewan pimpinan wilatah atau DPW Nasdem yang secara aklamasi kembali memilihnya untuk jadi ketua umum.

Surya Paloh menegaskan bukanlah hal yang mudah, apalagi saat ini dirinya tak lagi muda.

"Usia saya sekarang 68 tahun, sebenarnya harusnya tahu diri juga. Insya Allah saya akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya. Yang saya pastikan, saya ingin memperkuat kerja kolektif," ujar Paloh.

Lantaran mengundang sejumlah kepala daerah termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berbicara di depan 1800 anggota legislatif asal Nasdem, kongres ini disebut-sebut sebagai pemetaan awal pilpres lima tahun mendatang.

"Terlalu jauh kalau buat saya ya, karena saya adalah gubernur yang masih baru, masih belum saatnya lah," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sementara, di tempat lain, mantan Ketua Umum pertama Nasdem Patrice Rio Capella melontarkan kritikan tajam.

"Nasdem kini menjadi tempatnya goreng menggoreng kepentingan politik yang bukan memperjuangkan kepentingan rakyat dan partai, tapi hanya demi kepentingan kelompok tertentu," ucap mantan Ketua Umum Nasdem Rio Patrice Capella.

Namun, kritikan ini dijawab pendiri partai Nasdem yang lain.

"Kebodohan dia saja, mau jadi politikus tapi cengeng, itu kebodohan," jelas pendiri/Ketua DPP Partai Nasdem Zulfan Lindan.

Puncak acara kongres kedua Partai Nasdem dijadwalkan berlangsung Senin malam nanti. Ketum Surya Paloh mengundang Presiden Joko Widodo untuk berpidato menutup acara kongres.