Fenomena Tanah Bergerak Rusak Rumah Warga Ciamis

Oleh Maria Flora pada 31 Okt 2019, 15:01 WIB
Diperbarui 31 Okt 2019, 15:01 WIB

Liputan6.com, Ciamis - Pergerakan tanah yang terjadi di Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (31/10/2019), pihak BPBD Ciamis menganalisis retakan tanah terjadi karena kondisi kering yang cukup parah. Hal ini dikhawatirkan akan semakin parah saat musim hujan datang.

Pergerakan tanah di Ciamis sudah terjadi sejak seminggu terakhir. Kini warga berharap ada  bantuan dari pemerintah. Mereka juga bersedia untuk direlokasi, namun,sejauh ini belum ada keputusan untuk merelokasi para korban tanah retak. 

Sementara itu, pergerakan tanah juga terjadi di Garut, Jawa Barat. Warga Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, terpaksa mengevakuasi puluhan jasad yang sudah dimakamkan.

Sebagian besar tanah di pemakaman umum desa ini mengalami retakan tanah yang dalam sehingga berisiko longsor dan mengancam keselamatan warga yang bermukim di bawahnya.

Pihak BPBD setempat sudah melakukan survei dan meminta warga waspada mengingat pergeseran tanah sudah semakin parah.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS