Penusukan di Wamena, Polisi Akan Lakukan Patroli dan Razia

Oleh Devira Prastiwi pada 14 Okt 2019, 10:05 WIB

Liputan6.com, Papua - Setelah mengetahui adanya penusukan terhadap seorang warga di Wamena, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam 17 Cenderawasih Mayjend Herman Asaribab langsung menuju Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (14/10/2019), setibanya di Wamena. mereka langsung melakukan rapat bersama Bupati Kabupaten Jayawijaya Jon Banua di Aula Kodim Wamena.

Usai rapat selama satu jam, Kapolda Papua mengatakan pelaku memanfaatkan ruang yang tidak dijaga aparat di Wamena sehingga kejadian penusukan terjadi.

"Kami akan melakukan upaya-upaya barrier, melakukan patroli-patroli yang sungguh-sungguh, sehingga terpadu, kemudian juga melakukan razia-razia terhadap pihak-pihak yang membawa senjata tajam dan lain sebagainya," kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

Bupati Jayawijaya Jon Banua juga menyatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan aparat TNI, Polri, dan tokoh-tokoh Wamena sehingga situasi di Wamena benar-benar aman.

"Ini kita bertanggung jawab bersama-sama, kami tetap berkomunikasi dengan tokoh-tokoh gereja maupun tokoh masyarakat, dengan kelompok yang lain untuk bagaimana kita mencari solusi menjaga wilayah kita ini dengan kondisi supaya tidak ada masalah terjadi seperti kemarin lagi," ujar Bupati Kabupaten Jayawijaya Jon Banua.

Sementara itu, Polda Papua mengirimkan tim untuk membantu Polres Jayawijaya mengungkap pelaku penikaman dua warga yang menyebab seorang warga meninggal dunia.

Polisi menduga pelaku penikaman terhadap dua warga, merupakan sekelompok orang yang membakar ruko-ruko di sekitar kampung Woma pada kerusuhan lalu.