Begini Pengamanan Ketat di Gedung DPR Jelang Sidang Paripurna dan Pelantikan

Oleh Maria Flora pada 30 Sep 2019, 10:09 WIB
Diperbarui 30 Sep 2019, 10:11 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Jelang sidang paripurna 30 September hari ini dan pelantikan anggota DPD dan DPR RI terpilih periode 2019-2024, Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta Pusat, mendapat penjagaan ketat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (30/9/2019), ratusan personel TNI dan Polri disiagakan di lingkungan gedung wakil rakyat tersebut.

Ruang sidang paripurna yang akan digunakan hari ini dan pelantikan Selasa besok dinyatakan steril dan tidak seorang pun boleh beraktivitas di dalamnya.

Sementara itu, di luar Gedung DPR polisi juga menutup Jalan Gatot Soebroto untuk lalu lintas kendaraan. Menurut rencana, hari ini seluruh anggota dewan terpilih dijadwalkan mengikuti gladi resik untuk pelantikan yang akan dilangsungkan 1 Oktober esok.

Agenda sidang paripurna Selasa esok antara lain pengucapan sumpah jabatan anggota DPD dan DPR RI.

Dan hingga Senin dini hari tadi, Jalan Gatot Soebroto, depan Gedung DPR, tampak lengang karena adanya penutupan jalan. Penutupan dimulai di pertigaan Taman Ria, Senayan.

Kendaraan yang datang dari arah Semanggi menuju Slipi dialihkan menuju Jalan Gerbang Pemuda dan Jalan Asia Afrika.

Penutupan ruas jalan juga dilakukan di depan restoran Pulau Dua termasuk di pintu keluar Tol Slipi. Di dekat fly over Slipi, petugas menutup ruas jalan dengan beton dan kawat berduri.

Penutupan ruas jalan ini untuk mengantisipasi massa pengunjuk rasa mendekati Gedung DPR.

Hari ini anggota DPR periode 2014-2019 akan menggelar sidang paripurna terakhir. Masyarakat yang hendak melintas di sekitar Gedung DPR diimbau untuk mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.