Langit Jambi Merah Mirip Planet Mars

Langit Jambi Merah Mirip Planet Mars

Langit di Kumpeh Ilir, Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu siang, berubah merah. Fenomena terjadi akibat kabut asap pekat yang membuat sinar matahari dengan gelombang pendek terpantul dan hanya menyisakan sinar dengan gelombang panjang atau merah yang mampu menembus pekatnya kabut asap.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (22/9/2019), menjelang tengah hari, langit bukannya bertambah terang melainkan justru berubah menjadi merah.

Beberapa tempat dengan kabut asap yang kurang pekat, sinar matahari berwarna kekuningan. Sementara di tempat dengan kabut asap yang lebih pekat, langit semakin merah bahkan cenderung gelap.

Menurut BPBD Kabupaten Muaro Jambi kabut asap pekat yang menyelimuti Kecamatan Kumpeh Ilir berasal dari kebakaran lahan perkebunan di Desa Puding. Kebakaran di kawasan ini tidak bisa diatasi karena ketiadaan sumber air.

Kebakaran hutan dan lahan memang bukan baru sekali melanda Kabupaten Muaro Jambi. Namun kebakaran hutan dan lahan tahun tahun ini merupakan yang terparah. Bahkan Kabupaten Muaro Jambi menjadi wilayah dengan tingkat kebakaran lahan paling luas sebagian di antaranya menimpa lahan gambut.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 22 September 2019, 08:30 WIB

Video Terkait

Spotlights