Nelayan Perairan Belawan Urung Melaut Lantaran Tebalnya Kabut Asap

Oleh Devira Prastiwi pada 20 Sep 2019, 08:35 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau sudah meluas hingga ke Perairan Belawan, Medan, Sumatra Utara. Para nelayan diimbau untuk waspada karena jarak pandang menjadi pendek.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (20/9/2019), sebagian besar nelayan seperti di Perairan Belawan urung melaut karena jarak pandang yang pendek.

"(Dengan adanya kabut asap) ya iyalah, kurang pandangan melihat gitu. (Insiden tabrakan) belum ada. Kalau jarak dekat kan kita masih nampak (kapalnya), kalau jauh baru ga nampak lagi. Jarak pandang 100 meter lah ada," ujar nelayan Mahmuda.

BMKG Maritim Belawan mengatakan, kabut asap terbawa angin dari tenggara ke selatan. Mereka meminta nelayan untuk waspada saat melaut. 

"Untuk pantauan kita di sini dari data sebaran asap yang terjadi di Perairan Riau, terus terang untuk daerah Belawan dan sekitarnya memang terdeteksi sebaran asap dengan visibility dua sampai empat kilometer, di mana nelayan-nelayan di sana diimbau untuk mewaspadai dengan visibility yang rendah," ujar Prakirawan BMKG Maritim Belawan Rizky Ramadhan.

Tidak hanya wilayah laut, kabut asap mulai mengepung Kota Medan. Para pengendara diimbau mengenakan masker untuk mencegah penyakit ISPA.