Pesawat TNI AU Siap Bantu Modifikasi Cuaca di Palangka Raya

Oleh Devira Prastiwi pada 19 Sep 2019, 10:44 WIB

Liputan6.com, Palangka Raya - Pesawat jenis CN 295 dengan nomor registrasi A2901 milik TNI Angkatan Udara, Rabu, 18 September 2019 siang, sudah berada di Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (19/9/2019), untuk setiap penerbangan, pesawat CN 295 ini akan membawa 2.400 kilogram garam semai yang akan ditaburkan di atas awan yang berpotensi hujan. Sehingga keberhasilan modifikasi cuaca sangat tergantung keberadaan awan.

Tanpa adanya awan, maka penyemaian pun sulit dilakukan. Selain itu, tebalnya asap dari kebakaran hutan juga menjadi kendala.

"Saat ini kita masih terhalang dengan asap, kemarin kita terbang sekitar 8.500 feet layer tebal asapnya itu, setelah itu bisa kelihatan awan-awannya. Untuk hari ini potensi kita lihat prediksi, potensi yang bagus ada di bagian utara," kata Korlap TMC Kalteng Fikri Nur Muhammad.

Saat ini pesawat pembuat hujan buatan ini masih terparkir di Apron Bandara Lama. Modifikasi cuaca akan dilakukan saat kondisi cuaca memungkinkan untuk dilakukan penyemaian garam di awan.