Limbah Liar yang Cemari Sungai Citarum Meluap ke Jalan

Oleh Devira Prastiwi pada 16 Sep 2019, 14:35 WIB

Liputan6.com, Bandung - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Jawa Barat pagi tadi mengecek kualitas air limbah yang dihasilkan oleh sejumlah pabrik di kawasan Dayeuhkolot.

Pengecekan dilakukan karena limbah pabrik meluap setelah saluran limbah liar ditutup oleh Satuan Tugas Citarum Harum.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (16/9/2019), dari pengamatan sementara secara fisik, air dalam kondisi tidak baik.

"Secara fisik, mungkin itu kurang begitu baik untuk selanjutnya karena fisik menunjukkan, tapi hasil kimianya harus dilaboratorium," kata Staff Dinas LH Kabupaten Bandung, Sirojul.

Hingga saat ini, luapan limbah akibat penutupan saluran masih menggenangi sejumlah area, termasuk akses jalan industri menuju pabrik.

Bahkan halaman PT Mitra Citarum Air Biru sudah sepekan tergenang. Sejauh ini, luapan limbah belum sampai ke pemukiman warga. Namun warga mulai mengeluhkan bau tak sedap akibat limbah.

Beberapa waktu lalu, Satgas Citarum Harum menutup delapan titik saluran pembuangan limbah liar yang mencemari Sungai Citarum.

Namun ternyata ada saluran pipa yang tersumbat, sehingga limbah meluap ke area pabrik dan akses jalan. (Rio Audhitama Sihombing)