Wakili Rakyat Timor Leste, Xanana Gusmao Ziarah ke Makam BJ Habibie

Oleh Devira Prastiwi pada 16 Sep 2019, 13:01 WIB

Fokus, Jakarta - Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao tiba di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 15 September 2019 pagi.

Ia ditemani Duta Besar Timor Leste Alberto Carlos dan sejumlah mahasiswa Timor Leste yang belajar di Indonesia.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (16/9/2019), tokoh kemerdekaan Timor Leste ini langsung menuju ke makam Presiden ketiga RI BJ Habibie. Xanana kemudian berdoa dan menaburkan bunga di pusara BJ Habibie.

Tak lama kemudian, putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie datang dan bersama-sama berdoa di depan pusara setelah sempat berziarah ke makam Ainun dan Ani Yudhoyono.

Xanana mengatakan, rakyat Timor Leste ikut berbelasungkawa atas meninggalnya Presiden ketiga RI BJ Habibie. Bahkan, Xanana juga sudah menyampaikan surat perdana menteri Timor Leste kepada pihak keluarga Habibie.

"Saya membawa pesan satu surat yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Timor Leste untuk menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya. Oleh karena itu saya ke sini bukan hanya sebagai pribadi, tetapi mewakili pemerintah dan rakyat Timor Leste," ucap Presiden Pertama Timor Leste, Xanana Gusmao.

Ilham Akbar mengatakan, Xanana dan ayahnya memiliki hubungan yang baik. Xanana juga sempat menjenguk BJ Habibie saat dirawat di rumah sakit beberapa waktu lalu. Bahkan, momen emosional di mana keduanya berpelukan sempat viral di media sosial.

Sementara itu, Minggu kemarin masih banyak warga yang datang berziarah dan berdoa di makam BJ Habibie. Mereka menganggap Habibie adalah bapak bangsa dan tokoh reformasi yang berjasa besar bagi bangsa Indonesia.

Live Streaming

Powered by