Penerapan Ganjil Genap Diklaim Bikin Lalu Lintas Jakarta Lebih Lancar

Oleh Maria Flora pada 11 Sep 2019, 14:43 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah petugas kepolisian di Pintu Keluar Tol Pedati, D.I Pandjaitan, Jakarta Timur, menghentikan satu per satu mobil yang melanggar ketentuan sistem ganjil genap.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (11/9/2019), berbeda dengan sistem ganjil genap sebelumnya, ganjil genap kali ini diterapkan mulai keluar tol dan persimpangan.

Pelanggaran sistem ganjil genap juga terjadi di kawasan Tomang, Jakarta Barat. Meski telah disosialisasikan, ternyata masih banyak pengendara yang melanggar. Ketidaktahuan menjadi alasan.

Sistem ganjil genap telah resmi diberlakukan sejak Senin, 9 September kemarin. Penerapan ini diklaim membuat arus lalu lintas di Jakarta cenderung lebih lancar.

"Pelaksanaan ganjil genap ini melancarkan arus lalu lintas di Jakarta. Masyarakat bisa menikmati dari rumah ke kantor lebih lancar," kata Kanit Angkutan Sekolah Dishub DKI Muh Insaf.

Meski telah resmi diberlakukan, sistem ganjil genap akan tetap dievaluasi setelah bergulir selama 6 bulan. (Rio Audhitama Sihombing)