Mimpi Besar Pemerintah untuk Penduduk di Ibu Kota Negara yang Baru

Oleh Maria Flora pada 31 Agu 2019, 14:35 WIB
Diperbarui 20 Sep 2019, 09:58 WIB

Liputan6.com, Balikapapan - Kota Mandiri Pangan, bukan tidak mungkin target ini bisa dilampaui Kalimantan Timur. Sebagai calon ibu kota baru Indonesia, daerah ini memiliki areal yang luas dan belum seluruhnya tergarap secara maksimal.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (31/8/2019), Kementerian Pertanian bersama sejumlah pemimpin daerah se-Kalimantan berdiskusi terkait strategi pengembangan kawasan penyangga pangan ibu kota negara dengan target menciptakan kota baru mandiri pangan.

Langkah awal yang akan dilakukan yakni membuat klaster usaha tani di 10 kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur. Setiap kabupaten dan kota akan menjadi daerah pemasok bahan pangan ke ibu kota sehingga nantinya Kalimantan Timur tidak lagi membutuhkan bahan pangan dari luar daerah.

"Mimpi besar kami adalah kita siapkan pangan untuk penduduk ibu kota negara yang baru. Ini kita siapkan lebih awal, karena katakanlah nanti pindah 2024 saya kira umur holtikultura 2-3 tahun sudah berbuah," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Untuk merealisasikan program ini Menteri Pertanian sudah menyiapkan sejumlah alat berat guna mendukung dan mempercepat kerja para petani. Bantuan bibit ayam dan tanaman holtikultura pun diberikan untuk mempercepat pencapaian Kota Mandiri Pangan. Menteri Pertanian akan memulai program ini di awal September 2019.