112 Rumah di Kampung Bulak Ludes Dilahap Si Jago Merah

Oleh Devira Prastiwi pada 29 Agu 2019, 14:03 WIB

Fokus, Jakarta - Permukiman penduduk di Kampung Bulak, Kalideres, Jakarta Barat, dengan luas sekitar 6.000 meter persegi ini nyaris seluruhnya rata dengan tanah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (29/8/2019), setelah puing-puing sisa kebakaran benar-benar dingin pagi tadi, warga korban kebakaran pun mulai mengais barang-barang yang mungkin masih dapat diselamatkan.

Termasuk Saminem yang rumahnya ikut ludes dilalap si jago merah bersama 112 bangunan tempat tinggal lainnya. Pedagang kelontong itu hanya bisa berserah saat rumah beserta seluruh stok dagangannya tak tersisa.

"Teriak, saya keluar, api udah di sini, jadi saya udah takut duluan, saya lari duluan. Yang saya bawa cuma surat-surat penting, TV yang bisa saya tenteng, enteng, udah gitu doang. Beras, dagangan, sembako udah habis semua, ada semacem simpanan barang gitu, perhiasan, duit ga ada yang kebawa," kata korban kebakaran Saminen.

Alhasil sekitar 350 jiwa korban kebakaran kini harus bermukim di tenda-tenda darurat bantuan dari Dinsos DKI. Pemprov mencatat terdapat 45 orang balita dan 30 lansia di dalamnya. Belum lagi ada puluhan korban usia pelajar yang terpaksa tak bersekolah per hari ini.

Kebakaran ratusan rumah di kawasan Jakarta Barat itu terjadi Rabu, 28 Agustus 2019 siang saat warga sedang beraktivitas di luar rumah.

Material bangunan yang didominasi semi permanen membuat api dengan cepat melahap permukiman padat tersebut dalam dua jam upaya pemadaman.