150 Bangunan Semi Permanen di Kalideres Ludes Dilalap Api

Oleh Muhammad Ali pada 29 Agu 2019, 08:21 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran menghanguskan bangunan semi permanen yang diperkirakan mencapai 150 unit di Kampung Bulak, Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (29/8/2019), petugas pemadam kebakaran bersama warga berusaha menjinakkan kobaran api yang membumbung tinggi disertai kepulan asap hitam pekat.

Cuaca siang hari yang sangat terik ditambah material bangunan rumah semi permanen yang mudah terbakar membuat api sulit dilokalisir. Akibatnya, api dengan cepat menjalar membakar bangunan lain yang saling berhimpitan.

Menurut saksi mata di lokasi kejadian, kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu rumah kontrakan yang penghuninya sedang tidak ada. Api baru dapat dipadamkan 2 jam kemudian setelah petugas mengerahkan 16 unit mobil damkar.

"Katanya memang ada korsleting listrik di atas salah satu rumah rumah," kata Ketua RW 01 Semanan Nur Ikhsan.

Dampak kebakaran yang terjadi di Kampung Bulak, perjalanan penumpang KRL commuter line dan kereta bandara terganggu. Kebakaran permukiman warga yang berdekatan dengan jalur KRL ini membuat kabel listrik aliran atas tersambar api. Sejumlah penumpang kereta yang hendak menuju Tangerang memilih menggunakan moda transportasi lain.