Kondisi Korban Selamat KM Santika Nusantara yang Ditampung di Pemkab Sumenep

Oleh Maria Flora pada 24 Agu 2019, 12:00 WIB

Fokus, Sumenep - Setidaknya 89 korban selamat dalam kebakaran kapal motor atau KM Santika Nusantara dengan rute perjalanan Surabaya-Balikpapan. Saat ini para penumpang ditampung pihak Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, begitu mereka tiba di Pelabuhan Kalianget, Sabtu dini hari.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (24/8/2019), di tempat penampungan ini, selain di data, korban selamat juga mendapat penanganan kesehatan. Kebanyakan mengalami dehidrasi.

Kebakaran yang menimpa KM Santika Nusantara di Perairan Masalembo, Sumenep, berlangsung Jumat kemarin. Api mulai menyala Kamis malam dan terus membesar. Evakuasi dilakukan petugas menggunakan sejumlah kapal termasuk kapal nelayan.

Namun, hingga kini berapa tepatnya jumlah penumpang dalam kapal dengan rute Surabaya menuju Balikpapan itu masih simpang siur.

Berdasarkan data nakhoda kapal, jumlah penumpang beserta awak kapal 277 orang. Sedangkan data dari Badan SAR Nasional 253 orang, termasuk tiga penumpang yang meninggal dunia.

Dengan kondisi adanya perbedaan data manifes, pihak Basarnas hingga kini terus melakukan pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kapal.

Sabtu pagi, pencarian juga dilakukan melalui pantauan udara menggunakan helikopter. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.