Pipa Milik Pertamina Hulu Energi Bocor, Perairan Karawang Tercemar Minyak Mentah

Pipa Milik Pertamina Hulu Energi Bocor, Perairan Karawang Tercemar Minyak Mentah

Perairan utara Karawang, Jawa Barat, tercemar minyak mentah yang diduga akibat kebocoran pipa milik Pertamina Hulu Energi. Akibatnya, warga terpaksa harus membersihkan minyak mentah yang telah menyebar hingga pantai.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (25/7/2019), warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, Rabu siang kemarin bergotong-royong membersihkan tumpahan minyak mentah di pantai.

Pantai Sedari menjadi daerah terparah yang tercemar yang diduga akibat kebocoran pipa Milik Pertamina Hulu Energi. Hanya menggunakan karung, warga membersihkan minyak mentah yang telah bercampur dengan pasir.

Warga khawatir tumpahan minyak tersebut akan membahayakan lingkungan mereka, apalagi daerah tersebut merupakan tempat wisata, sehingga akan mengganggu pengunjung karena baunya yang menyengat.

Kebocoran minyak mentah itu juga membuat sebagian nelayan memilih tidak melaut. Para nelayan enggan melaut karena tumpahan minyak membuat ikan menjauh dari lokasi tangkap mereka.

Tumpahan minyak dan gas cair, pertama kali muncul pada Jumat, 19 Juli 2019, sekitar dua kilometer dari pantai utara Karawang. Hingga kini, minyak mentah masih mencemari laut di sejumlah kecamatan di Karawang. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Galuh Garmabrata pada 25 July 2019, 09:58 WIB

Video Terkait

Spotlights