Mampukah Lidah Mertua Jadi Solusi Atasi Buruknya Kualitas Udara Jakarta?

Oleh Maria Flora pada 24 Jul 2019, 14:51 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Buruknya kualitas udara di Ibu Kota sempat menjadi sorotan. Jakarta sempat berada di peringkat pertama kota di dunia dengan kualitas udara terburuk versi penyedia peta polusi udara AirVisual.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (24/7/2019), selama beberapa hari, Ibu Kota berada di peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk. Nilai air quality index di Ibu Kota bahkan sempat mencapai 240 dalam kategori sangat tidak sehat.

Sejumlah cara pun ditempuh Pemprov DKI Jakarta untuk bisa mengatasi buruknya kualitas udara di Jakarta. Salah satunya dengan menanam lidah mertua atau sansiviera. Lidah mertua sudah ditanam di sudut Balai Kota Jakarta, di taman yang diberi nama "Balkot Farm".

Rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan membagikan tanaman lidah mertua ke seluruh kantor suku dinas di Jakarta. 

Namun, Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) DKI Jakarta beranggapan lidah mertua belum mampu mengatasi pencemaran udara di Ibu Kota.

"Lebih dari itu yang harus dilakukan, ini tidak akan signifikan. Yang harusnya dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta itu membatasi inputnya," kata Direktur Walhi DKI Jakarta Tubagus Sholeh.

Untuk mengurangi polusi, Walhi meminta Pemprov DKI Jakarta membuat peraturan bagi pengguna kendaraan pribadi. Dan memperbanyak alat pengukur tingkat pencemaran udara. (Rio Audhitama Sihombing)