Jelang Mudik Lebaran, Waspada Pencuri Tas di Gerbong Kereta

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 07 Mei 2019, 12:11 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 12:11 WIB

Patroli, Bandung - Seorang pelaku spesialis pencurian tas penumpang di gerbong kereta api terekam kamera pengawas. Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (7/5/2019), modusnya, tersangka beraksi saat pemilik tas sedang ke kamar kecil.

Dengan menggunakan penutup wajah dan topi, lelaki tersebut leluasa mengambil tas seorang penumpang Kereta Api Lodaya yang sedang berada di kamar kecil. Dalam video kamera pengawas memperlihatkan pelaku menggasak laptop dan pakaian korban.

Barang bukti rekaman kamera menjadi petunjuk petugas Polisi Khusus Kereta atau Polsuska untuk meringkusnya saat tiba di Stasiun Bandung. Pelaku berinisial HR, tak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya. Modus yang dilakukan pelaku, yakni menyamar sebagai penumpang dan beraksi saat korban lengah.

Peristiwa pencurian yang sempat viral di media sosial itu, membuat pihak DAOP II Bandung akan semakin meningkatkan keamanan di dalam gerbong kereta api dan di area stasiun. Hal ini penting seiring jelang berlangsungnya arus mudik Lebaran. Untuk kepentingan penyelidikan, pelaku kemudian dibawa aparat ke Polsek Andir. (Galuh Garmabrata)