Terdesak Biaya Kampanye, Caleg di Bogor Merampok Bank

Terdesak Biaya Kampanye, Caleg di Bogor Merampok Bank

Seorang oknum calon legislatif (caleg) diringkus polisi atas keterlibatan kasus pencurian dan perampokan nasabah bank. Uang hasil kejahatannya digunakan sebagai dana kampanye beberapa bulan terakhir.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (21/3/2019), SP mengaku terdesak kebutuhan biaya kampanye dan operasional pencalegannya.

Bersama empat rekannya, oknum caleg dapil di luar Pulau Jawa itu sudah beraksi di wilayah Bogor dan sekitarnya selama 5 bulan terakhir.

"Modus operandi pelaku dengan cara memasuki tempat objek vital yaitu bank. Korban mengambil uang dan dibuntuti sampai di tempat sepi. Dari hasil pemeriksaan, oknum ini adalah caleg yang berlaku sebagai ketua aksi perampokan," ujar Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Beny Cahyadi.

Tugas para pelaku bermacam-ada. Ada yang mempersiapkan sandal jepit yang telah dibubuhi paku atau besi gagang payung rusak, ada pula yang berpura-pura mengingatkan korban akan ban yang kempis, hingga eksekutor pencurian ataupun perampokan jika korbannya melawan.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti. Di antaranya uang Rp 40 juta, telepon seluler, hingga sejumlah sepeda motor yang digunakan untuk beraksi.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 21 March 2019, 13:55 WIB

Video Terkait

Spotlights