Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah di Tenggarong Kaltim

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah di Tenggarong Kaltim

Kebakaran besar di permukiman padat penduduk di kawasan Jalan D.I Panjaitan, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong, Kalimantan Timur, terjadi Selasa dini hari sekitar pukul 01.30 WITA.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (20/3/2019), api yang belum diketahui pasti dari mana awal mulanya dengan cepat membesar dan menjalar ke segala arah karena bangunan di kawasan ini sebagian besar terbuat dari material kayu.

Warga yang panik berhamburan menyelamatkan diri dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Petugas dari dinas pemadam kebakaran setempat tiba di lokasi ketika api sudah membakar puluhan rumah. Api baru benar-benar padam pada Selasa siang.

Warga Gang Ridho dan Gang Ikhlas yang rumahnya hangus dilalap api berupaya mengumpulkan sisa-sisa harta benda di tengah puing-puing dan arang yang masih berasap berharap ada yang masih bisa digunakan. Dari catatan perangkat desa setempat, diketahui 36 unit rumah ludes terbakar dan 50 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

"Ini sudah terdata sekitar 36 bangunan," kata Ketua RT setempat Jurdi.

Kerugian akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Besarnya nilai kerugian ini dikarenakan saat kebakaran sebagian besar warga tengah terlelap dan tidak sempat menyelamatkan harta bendanya. Sementara itu, pihak kepolisian tengah menyelidiki penyebab kebakaran ini.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 20 March 2019, 08:11 WIB

Video Terkait

Spotlights