Diduga Takut Isu Kiamat, Puluhan Pengikut Jemaah di Ponorogo Tinggalkan Rumah

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 14 Mar 2019, 09:56 WIB

Fokus, Ponorogo - Diduga karena terhasut adanya isu kiamat sudah dekat, puluhan warga Ponorogo meninggalkan rumahnya. Para pengikut jemaah Thoriqoh Akmaliyah Ash-Sholihiyah, berbondong-bondong hijrah ke sebuah pesantren di Malang. Bahkan di antaranya ada yang menjual tanahnya dengan harga murah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (14/3/2019), Dusun Krajan yang berada di Desa Watu Bonang, Kecamatan Badegan, Ponorogo, Jawa Timur, terlihat sepi. Tidak ada aktivitas warga. Sebagian rumah-rumah bahkan kosong karena ditinggalkan para pengghuninya.

Menurut warga sekitar dusun, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak dua bulan lalu. Sedikitnya ada 52 warga Dusun Krajan meninggalkan rumahnya dan pindah ke sebuah pondok pesantren di Malang.

Puluhan warga yang meninggalkan rumahnya itu adalah pengikut jemaah Thoriqoh Akmaliyah Ash-Sholiyah. Pimpinan jemaah, Katimun, dan 52 pengikutnya berbondong-bondong hijrah ke Malang karena adanya isu akan terjadi kiamat.

Menghilangnya 52 warga Dusun Krajan masih menjadi misteri. Mereka pindah karena takut kiamat sudah dekat atau karena sebab lain juga belum bisa dipastikan, karena belum ada satu pun diantaranya yang bisa dimintai keterangan. (Galuh Garmabrata)