Usai Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Hanya Digunakan untuk Bongkar Muat Ikan

Oleh Maria Flora pada 26 Feb 2019, 09:23 WIB

Fokus, Jakarta - Sejumlah kapal nelayan yang terbakar di pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru, senin sore mulai ditarik dengan Kapal Antasena milik Kementerian Perikanan dan Kelautan. Bangkai kapal dibawa ke sisi barat pelabuhan atau dekat galangan perbaikan kapal.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (26/2/2019), pihak otoritas pelabuhan sementara akan memfungsikan dermaga untuk kapal yang hanya memiliki izin saja. Tata kelola pelabuhan juga akan diperbaiki, termasuk hanya membatasi 500 kapal di area kolam pelabuhan.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyatakan pelabuhan perikanan hanya digunakan untuk bongkar muat ikan.

"Saya sudah lama peringatkan tidak boleh pelabuhan ikan digunakan untuk reparasi kapal, itu tidak bisa seperti itu," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dari hasil pnyelidikan polisi, kebakaran 34 kapal di Pelabuhan Muara Baru disebabkan ledakan salah satu kapal saat berlansungnya aktivitas pengelasan. Kencangnya angin membuat kobaran api merembet ke kapal lainya yang tengah bersandar. (Rio Audhitama Sihombing) 

Live Streaming

Powered by