Kebakaran Hutan di Riau Semakin Meluas, Warga Mulai Terpapar Kabut Asap

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 25 Feb 2019, 10:01 WIB

Fokus, Bengkalis - Kebakaran hutan di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, hingga Minggu, 24 Februari kemarin, masih  terus berlangsung. Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (25/2/2019), titik api yang belum berhasil dipadamkan membuat warga mulai terpapar kabut asap.

Sepanjang Minggu kemarin, Tim Gabungan Manggala Agni, TNI, dan Polri, masih terus berjibaku memadamkan kebakaran hutan di Kecamatan Rupat Selatan, Kabupaten Bengkalis. Sudah sepekan ini mereka berjuang memadamkan kobaran api, namun titik api belum berhasil dipadamkan.

Kebakaran hutan di tengah areal yang cukup luas saat ini juga telah membawa bencana kabut asap yang mengancam kesehatan warga Pulau Rupat. Mereka mulai mengeluh dengan kabut asap dan kualitas pencemaran udara yang tinggi. Warga mengaku, sebagian anggota keluarga mereka mulai terserang bermacam penyakit, seperti batuk, pilek, dan mata perih.

Belum diketahui apa pemicu kebakaran hutan di area yang luas tersebut. Namun dari pantauan udara, sebagian bekas lahan yang terbakar mulai dibersihkan dan dikapling. Diduga lahan itu sengaja dibakar untuk dialih fungsikan menjadi areal perkebunan. (Galuh Garmabrata)