Aksi Aktivis di Cimahi Tolak Pelecehan Terhadap Beruang Madu dalam Pertunjukan Sirkus

Oleh Nila Chrisna Yulika pada 15 Feb 2019, 09:09 WIB

Fokus, Cimahi - Belasan aktivis Anti Sirkus Hewan Indonesia di Cimahi, Jawa Barat, menggelar aksi di depan sebuah mal, tempatĀ  pertunjukan sirkus. Mereka memprotes pelecehan terhadap beruang madu saat digelar pertunjukan beberapa hari lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (15/2/2019), dalam video yang beredar di media sosial, nampak seorang pawang sirkus melakukan tindakan yang dianggap tak pantas. Dalam video yang diunggah di akun Movement To End Animal Circuses In Indonesia, nampak alat kelamin beruang jantan yang diberi nama Bimo disentuh oleh pawang.

Para aktivis itu memprotes keras tindakan sang pawang, dan meminta pertunjukan sirkus dihentikan. Sementara pihak penyelenggara, yaitu manajemen Wersut Segeni Indonesia atau WSI, membantah terjadinya pelecehan seksual.

WSI mengatakan, aksi tersebut hanya spontanitas sang pawang. Sementara menurut aktivis, kejadian yang menimpa Bimo sangat mungkin telah terjadi berulang-ulang, karena skenario tersebut dicurigai kerap digunakan pengelola sirkus. (Galuh Garmabrata)