BSSN, KPU, dan Bawaslu, Bahas Sejumlah Antisipasi Gangguan Pemilu 2019

BSSN, KPU, dan Bawaslu, Bahas Sejumlah Antisipasi Gangguan Pemilu 2019

Rapat koordinasi nasional bidang kewaspadaan nasional dalam rangka pemantapan pelaksanaan Pemilu 2019 ini berlangsung di sebuah hotel di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 12 Februari 2019.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (13/2/2019), dalam rapat yang dihadiri Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, Badan Cyber dan Sandi Negara (BSSN) serta sejumlah pihak yang terkait dengan pemilu serentak 2019 membahas sejumlah antisipasi gangguan pada pelaksanaan pesta demokrasi 17 April mendatang.

Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN Irjen Dharma Pongrekun menyatakan adanya tiga serangan cyber yang dapat menganggu pelaksanaan pemilu serentak, baik pileg maupun pilpres, di antaranya serangan hack. Untuk mengantisipasi serangan tersebut, BSSN salah satunya melakukan pengamanan informasi KPU dengan identifikasi, proteksi, deteksi, penanggulangan serta pemulihan.

"Kita adakan koordinasi dengan KPU dan instansi lainnya dengan kami membagi tugas hal-hal yang kami kerjakan dalam mengamankan pemilu yang akan datang," ujar Dharma Pongrekun.

Selain itu, BSSN mengimbau masyarakat untuk memperkuat pertahanan dan keamanan nasional secara bersama dalam rangka mensukseskan pemilu serentak 2019 dengan berpedoman pada empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Rita Ayuningtyas pada 13 February 2019, 08:00 WIB

Video Terkait

Spotlights