Kebakaran di Wihara Samudra Bhakti Bandung Diduga dari Tempat Pembakaran Lilin

Oleh Maria Flora pada 06 Feb 2019, 09:30 WIB

Fokus, Bandung - Api yang berkobar membakar bangunan Wihara Samudra Bhakti di Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin pagi berhasil dipadamkan. Namun, bangunan utama yang memiliki nilai bersejarah ini telah luluh lantak.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (6/2/2019), peristiwa kebakaran terjadi tepat ketika Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto tengah meninjau pegamanan di Wihara Samudra Bhakti.

Saat itu umat tengah mengikuti peribadatan Hari Raya Imlek.

"Kita lagi jalan lalu ada asap hitam besar, di belakang ada lilin sumbangan, harusnya itu ada yang jaga," kata pengurus wihara, Darmawan.

Kebakaran diduga berasal dari tempat pembakaran lilin sumbangan yang ukurannya sangat besar tepat di belakang bangunan utama. Diduga lokasi lilin yang dinyalakan tersebut berada terlalu dekat dengan tempat daur ulang lilin yang telah terpakai.

"Dugaan kami itu terlalu dekat sehingga saat meleleh itu bergabung dengan lilin yang dinyalakan," jelas Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Untuk lebih memastikan penyebab kebakaran, petugas Inafis Oolrestabes Bandung diterjunkan ke lokasi. Garis polisi dipasang agar tidak ada warga yang masuk ke area kebakaran. (Muhammad Gustirha Yunas)