Tegur Pelanggar Lalin, Dishub Kota Bandung Buat Video Parodi Sayur Kol

Oleh Rita Ayuningtyas pada 12 Jan 2019, 12:48 WIB

Patroli Indosiar, Bandung - Tertib berlalu lintas belum menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran pengguna jalan demi keselamatan, oleh polisi dan dinas perhubungan. Salah satunya dengan melakukan tilang elektronik.

Sistem ini membuat petugas mampu mengontrol situasi di jalan maupun lampu merah dengan pemasangan CCTV. Alhasil, kejadian-kejadian unik yang selama ini terlewatkan, jadi terlihat melalui kamera pengawas.

Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan Kota Bandung pun membuat video parodi teguran bagi pelanggar lalu lintas dengan cara yang tak biasa.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (12/1/2019), video parodi yang dibuat dari kumpulan rekaman CCTV menggambarkan dua perempuan pengendara sepeda motor yang berboncengan. Merasa dapat teguran, sang pengendara malah membawa motornya kabur hingga masuk ke jalan tol.  

Momen ketika pengendara melaju menuju jalan tol diunggah oleh petugas ATCS Dishub Kota Bandung dengan diiringi penggalan lagu Sayur Kol.  

Menurut petugas ATCS Dishub Kota Bandung, lagu Sayur Kol yang dipopulerkan band Punxgoaran sengaja diparodikan sebagai bentuk imbauan kepada masyarakat untuk tidak melanggar aturan lalu lintas. Harapannya, lewat video parodi pesan yang diberikan bisa lebih mengena kepada masyarakat.  

Video imbauan semacam ini sudah beberapa kali diunggah petugas ATCS Dishub Kota Bandung ke media sosial. Setidaknya, melalui pesan yang dikemas dalam video yang menghibur, disiplin berlalu lintas akan tertanam dalam benak masyarakat pengguna jalan.  (Karlina Sintia Dewi)