Waduk Penampungan, Solusi Jika Longsor Susulan Terjadi di Parapat

Waduk Penampungan, Solusi Jika Longsor Susulan Terjadi di Parapat

Arus kendaraan dari arah Pematang Siantar menuju kawasan Wisata Parapat dan sebaliknya, sejak hari ini sudah bisa dilintasi secara bergantian di Jembatan Kembar Sidua-Dua. Tepatnya di Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang, Simalungun, Sumatera Utara.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (4/1/2019), semua pengemudi harus ekstra hati-hati saat melintas lantaran aspal masih tertutup lumpur.

Libur tahun baru seperti saat ini, menjadi puncak arus lalu lintas baik dari arah Balige menuju Siantar maupun sebaliknya.

Jumat siang rencananya alat-alat berat akan menggali waduk penampungan sementara di sisi jalan. Tujuannya jika ada longsor susulan, materi longsor bisa ditampung.

Longsor tebing berkali-kali menimbun Jembatan Kembar Sidua-Dua, jalur utama Pematang Siantar menuju Parapat. Akibatnya, pengguna jalan sempat tertahan berjam-jam menanti alat berat bekerja menyingkirkan material longsor.

Peristiwa longsor sepekan terakhir ini terjadi karena kerusakan alam di bagian atas bukit, dicampur dengan tingginya intensitas hujan. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 04 January 2019, 16:35 WIB

Video Terkait

Spotlights