Terpapar Longsor, Jembatan Kembar Sidua-dua di Simalungun Dibersihkan

Terpapar Longsor, Jembatan Kembar Sidua-dua di Simalungun Dibersihkan

Petugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menangani longsor yang terjadi di Jalur Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Petugas berhasil membersihkan satu dari dua jembatan yang tertimbun material longsor.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (4/1/2018), longsor susulan yang menghantam Jembatan Kembar Sidua-dua menyebabkan terputusnya arus lalu lintas. Kemacetan di ruas Jalan Pemantangsiantar menuju wisata Parapat, Danau Toba juga tak dapat terhindarkan.

Akibatnya kendaraan yang akan menuju ke Balige, Tobasa, diarahkan ke jalan alternatif Simpang Palang. Sementara itu, kendaraan yang mau menuju Parapat harus bersabar menunggu longsoran dibersihkan.

Pihak Kementerian PUPR pada Jumat pagi berhasil membersihkan satu sisi jembatan dan memberlakukan sistem buka tutup jalur agar kendaraan dapat melintas.

"Kita buka satu jembatan dulu. Jangka pendeknya kita buat desai jebakan lumpur ya supaya material tidak lagi masuk ke badan jalan," ujar PLH Kepala Balai PUPR Sumatera Utara Bambang Pardede.

Longsor yang telah terjadi selama satu pekan terjadi lantaran lahan yang berada di atas bukit Girsang, Simalungun gundul dan tergerus air. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 04 January 2019, 13:53 WIB

Video Terkait

Spotlights