Wisata di Anyer Sepi Setelah Tsunami, Pengelola Rugi Miliaran Rupiah

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 31 Des 2018, 11:38 WIB

Liputan6SCTV, Serang - Seminggu pascatsunami yang melanda Selat Sunda, obyek pariwisata di sepanjang Pantai Anyer, Serang, Banten, masih sepi pengunjung. Bahkan wilayah pantai yang tidak terdampak tsunami pun tidak didatangi satu pun wisatawan, sehingga mengakibatkan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (31/12/2018), pemandangan kosong dan sepi sudah terjadi sepekan terakhir di kawasan wisata sepanjang Pantai Anyer, Serang, sejak tsunami melanda Sabtu, 22 Desember pekan lalu. Pantai Pasir Putih salah satunya, yang biasa ramai dipadati wisatawan kini tak terlihat satu pun pengunjung.

Padahal, tidak seperti pesisir di wilayah Pandeglang. Pantai yang berada di kawasan Serang itu tidak terdampak langsung tsunami yang melanda Selat Sunda. Alhasil, jika biasanya setiap musim libur panjang akhir tahun pengunjung bisa mencapai 10 ribu orang, kali ini para pelaku wisata mengaku rugi hingga miliaran rupiah.

Karena takut cuaca buruk ataupun kemungkinan adanya tsunami susulan, banyak pengunjung yang membatalkan pesanan mereka untuk menginap. Pengelola mengaku sudah melakukan banyak cara untuk kembali meningkatkan geliat pariwisata, salah satunya dengan memberikan diskon besar-besaran, tapi belum banyak membantu. (Galuh Garmabrata)