Warga Aceh Temukan Tulang Manusia Diduga Korban Tsunami 2004

Oleh Mevi Linawati pada 20 Des 2018, 10:01 WIB
Diperbarui 20 Des 2018, 10:01 WIB

Liputan6SCTV, Aceh Besar - Warga Aceh Besar geger dengan ditemukannya puluhan kantong berisi tulang belulang manusia. Kantong berisi tulang ditemukan di halaman sebuah bangunan rumah bersubsidi yang sedang dibangun pengembang perumahan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (20/12/2018), penemuan 30 kantong berisi tulang belulang manusia di Dusun Lamseunong, Gampong Kajhu, Aceh Besar, berawal ketika para pekerja tengah menggali tanah untuk pembuatan septic tank perumahan. Lantaran jumlah yang ditemukan tidak sedikit, para pekerja langsung melapor kepala desa.

Warga menduga lokasi pembangunan perumahan tersebut adalah kuburan massal korban tsunami tahun 2004 lalu. Namun warga tidak mengetahui jika di sana ada kuburan massal karena tidak ada tanda apa pun, selain lahan bersemak.

Tidak sedikit warga berharap, kerangka yang ditemukan adalah anggota keluarga mereka yang hilang saat tsunami. Setelah dibawa ke Meunasah, perangkat desa memutuskan untuk memakamkan kembali tulang belulang tersebut di tanah makam kampung setempat.

Gampong Kajhu adalah salah satu lokasi terparah saat tsunami. Di Banda Aceh dan Aceh Besar tercatat ada 11 lokasi kuburan massal yang diketahui dengan resmi, agar memudahkan warga untuk berziarah. (Galuh Garmabrata)