Sukses

Kilas Indonesia: Banjir Lumpuhkan Jalur Lintas Barat Sumatera

Sejumlah sungai meluap dan air membanjiri permukiman warga.

Liputan6.com, Lampung - Hujan deras membuat sejumlah wilayah di Lampung, Sumatera Selatan, terendam banjir. Sejumlah sungai meluap dan air membanjiri permukiman warga.

Banjir juga melumpuhkan jalur lintas barat Sumatera. Tak sedikit kendaraan yang nekat menerobos banjir akhirnya mogok. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (21/2/2017).

Di Tangerang, Banten, tingginya curah hujan menyebabkan luapan Kali Ledug membanjiri akses jalan raya Perumahan Total Persada. Ketinggian air yang mencapai 60 sentimeter mengganggu aktivitas warga.

Pengendara sepeda motor yang nekat melintas banyak yang mogok. Untuk melintas, warga banyak dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Lain halnya di Bojonegoro, Jawa Timur, cuaca ekstrem dan banjir bandang melanda Desa Jumput dan Desa Duyungan di Kecamatan Sukosewu. Banjir setinggi 60 sentimeter mengganggu aktivitas warga dan akses antar-kecamatan. Tanaman padi siap panen juga terendam banjir.

Sementara di Sumedang, Jawa Barat, tim Basarnas Bandung mencari orang tenggelam di area Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat.

Pencarian dimulai dari Sungai Cimanuk, Garut hingga ke area genangan Waduk Jatigede. Pencarian terkendala cuaca buruk dan banyaknya tumpukan sampah.

Saksikan tayangan selengkapnya video banjir di wilayah Sumatera dan Jawa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.