Sukses

VIDEO: Ahok Sebut Normalisasi Ciliwung Baru 40 Persen

Ahok mengatakan proyek normalisasi Kali Ciliwung tidak bisa dihindari.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan, proyek normalisasi Kali Ciliwung saat ini baru berjalan 40 persen. Sehingga banjir di wilayah yang belum dinormalisasi tidak bisa terhindari.

"Efeknya sudah sangat bagus sebetulnya. Dulu baru masuk ada 2.200 lokasi banjir, terus tahun lalu tinggal 400. Bulan ini tinggal 80 titik lagi," kata Ahok.

Akibat banjir, ratusan warga terpaksa kembali mengungsi. Tercatat lebih dari 300 kepala keluarga warga Cipinang Melayu diungsikan di Masjid Universitas Borobudur yang tak jauh dari permukiman warga.

Sementara itu, lawan Ahok di Pilkada DKI,  Anies Baswedan datang ke lokasi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, pagi tadi. Dia jalan kaki menembus banjir untuk melihat sejauh mana banjir melanda.

Meski banjir, Anies tetap mengunjungi warga yang masih bertahan di rumahnya. Anies berharap, banjir segera berakhir jika kawasan ini dibuatkan sumur serapan dan normalisasi sungai dituntaskan. 

"Ada program yang berhenti di 2014. Penting sekali memastikan bahwa rencana program itu terlaksana. Orang sering menganggap serapan itu nggak penting. Sebaliknya sangat penting. Contohnya ini, kalau rencana itu tidak terlaksana, konsekuensinya rencana normalisasi jadi tidak jalan," jelas Anies Baswedan.

 

Simak tayangan video Ahok selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.