Sukses

VIDEO: Lasem, Tiongkok Kecil nan Harmoni

Kota Lasem dijuluki Kota Tiongkok Kecil karena banyak perkampungan Tionghoa di tempat ini.

Liputan6.com, Lasem - Lasem merupakan sebuah kota kecil berjarak 13 kilometer dari Kota Rembang, Jawa Tengah. Lasem dijuluki Kota Tiongkok Kecil karena banyak ditemui perkampungan warga keturunan Tionghoa dengan bangunan peninggalan zaman dahulu yang masih terjaga keasliannya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (28/1/2017), yang membanggakan adalah warga Lasem sejak dulu menjaga kehidupan tetap harmonis. Meski, hidup di antara warga dengan beragam suku maupun agama. Dalam setiap hajatan, baik suka cita maupun duka cita, seluruh lapisan warga ikut ambil bagian.

Di Desa Karangturi, misalnya, ada ribuan warga Tionghoa yang menghuni rumah berarsitektur Tiongkok. Dipimpin oleh seorang ketua RW etnis Jawa, namun tidak pernah ada perselisihan.

Kota Lasem merupakan kota awal yang dijadikan pendaratan pedagang asal Tiongkok di Tanah Jawa sekitar abad ke-14. Ketika itu, pada masa Dinasti Ming, Duta Politik Kaisar China Laksamana Ceng Ho mendarat di Lasem untuk melakukan hubungan bilateral dengan Majapahit.

Namun, akhirnya banyak yang menetap di Lasem dan mendirikan perkampungan Tionghoa.

Simak tayangan video selengkapnya dlam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.