Sukses

VIDEO: 4 WNI Sandera Abu Sayyaf Tiba di Tanah Air

Selama lebih dari 2 bulan itu mereka mengaku kerap dianiaya dan ditodong senjata api.

Liputan6.com, Tangerang - Empat ABK warga negara Indonesia yang menjadi korban sandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina, tiba di Tanah Air, Sabtu malam. Keempatnya berhasil dibebaskan setelah disandera selama 70 hari.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (25/9/2016), didampingi petugas Kemenlu, 4 ABK pencari ikan yang disandera Abu Sayyaf tiba di terminal kedatangan Bandara Soekarno Hatta menumpang pesawat Singapura Airlines. Mereka adalah Theodorus Kopong, Lorens Koten dan Emanuel Arakian dan Herman bin Manggak.

Keempatnya di sandera sejak tanggal 9 Juli 2016, di perairan Lahad Datuk, Sabah, Malaysia Timur. Selama lebih dari 2 bulan mereka mengaku kerap dianiaya dan ditodong senjata api. Selanjutnya keempat sandera dibawa ke kantor Kemenlu untuk didata.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto menyambut baik pembebasan tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI).

Wiranto menegaskan para sandera bisa lepas karena upaya keras yang dilakukan pemerintah. Terkait kabar ada tebusan dibayarkan pemerintah kepada para penculik, dia menyatakan hal itu tak benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.