Sukses

VIDEO: Hujan Abu dari Erupsi Gunung Bromo Meluas

Arah tiupan angin membawa letusan Gunung Bromo mengarah ke Lumajang sejak 4 hari lalu.

Liputan6.com, Lumajang - Anggota TNI di Koramil Gucialit, Kecamatan Gucialit, Lumajang, Jawa Timur harus berulang kali membersihkan teras. Begitu juga dengan warga setempat, karena desa yang berjarak sekitar 100 kilometer lebih dari Gunung Bromo ini cukup parah terpapar hujan abu vulkanik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (25/12/2015), arah tiupan angin membawa letusan Gunung Bromo mengarah ke Lumajang sejak empat hari lalu. Warga setempat mengaku hujan abu mulai mengganggu aktivitas di luar rumah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, abu vulkanik Gunung Bromo memang meluas. Sebanyak 28 desa di 3 kecamatan kini terkena hujan abu vulkanik.

Warga berharap pemerintah setempat bertindak cepat untuk membagikan bantuan berupa masker, termasuk pula mempersiapkan posko mengantisipasi dampak buruk kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.