Sukses

VIDEO: Penumpukan Kendaraan Saat Libur Panjang di Pelabuhan Merak

Untuk mengurangi kepadatan arus penyeberangan di elabuhan Merak, pihak ASDP hari ini mengoperasikan 27 kapal Roro.

Liputan6.com, Banten - Penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung terjadi sejak Rabu 23 Desember 2015 dinihari sampai siang tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (24/12/2015), kendaraan yang tidak tertampung di 6 kantong parkir ditempatkan di luar pelabuhan di Jalan Cikuasa Atas, Kota Cilegon.

Sepanjang siang tadi, panjang antrean kendaraan di Jalan Cikuasa Atas mencapai 2 km. Pada dini hari, antrean bahkan lebih panjang hingga mencapai ruas Tol Tangerang-Merak atau sepanjang 7 km dari gerbang pelabuhan.

Lamanya antrean dikeluhkan para pengendara yang ingin segera sampai di tempat tujuan untuk merayakan Natal. Pada umumnya, para pengendara terjebak antrean antara 4 sampai 6 jam memasuki kapal untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.

Untuk mengurangi kepadatan arus penyeberangan di Pelabuhan Merak, pihak ASDP hari ini mengoperasikan 27 kapal Roro. Namun sebagian kapal-kapal tersebut tidak bisa beroperasi secara maksimal karena terganggu cuaca buruk.

"Kapal yang dioperasikan itu pola angkutan Lebaran Idulfitri, kapal 27 sampai 28 kapasitas yang luar biasa besar yang saat ini kita operasikan," ungkap Manager Operasional ASDP Merak Nana Sutisna. 

Kepadatan arus penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni diprediksi akan terjadi hingga malam nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.