Sosok Minggu Ini: Bunda Sofi, Lestarikan Dongeng dengan Kadotaman

Oleh Liputan6 pada 20 Des 2015, 13:48 WIB
Diperbarui 20 Des 2015, 13:48 WIB
Sosok Minggu Ini: Bunda Sofi, Lestarikan Dongeng dengan Kadotaman
Perbesar
Berkat Komunitas Kadotaman, semakin banyak anak-anak gemar mendongeng.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kegiatan menarik dari Komunitas Kadotaman atau pecinta dongeng taman, Minggu pagi di Taman Spathodea Jagakarsa, Jakarta Selatan. Diantar orangtua, anak-anak datang untuk belajar membaca buku cerita, menyanyi, dan mendongeng.

Sosok di balik kegiatan ini adalah Sofia Agustina Jayasinga, yang biasa disapa Bunda Sofi. Pegawai honorer di SDN 01 Jagakarsa ini merasa, budaya mendongeng perlu dipopulerkan kembali.

Komunitas Kadotaman didirikan pada 2014, dengan sasaran memperkenalkan berbagai sisi positif mendongeng pada anak-anak.

Ternyata, mempopulerkan kegiatan mendongeng tidak mudah. Tantangan utama adalah pola pikir banyak orangtua masa kini, yang beranggapan dongeng-mendongeng tidaklah penting.

Tentu saja, Bunda Sofi tidak menyerah. Sofi terus berkampanye sambil menunjukkan kegiatan mendongeng bisa sangat menarik dan berdampak positif bagi anak. Sofi memperkenalkan cara mendongeng sambil menyanyi.

Berkat Komunitas Kadotaman, semakin banyak anak-anak gemar mendongeng. Berawal beberapa anak saja, sekarang 50-an anak rutin bergiat bersama Kadotaman.

Biaya kegiatan Kadotaman datang dari kantung Sofi sendiri. Walau sekarang telah ada beberapa donatur yang membantu.

Wanita berusia 49 tahun, ibu satu anak ini sungguh khawatir dengan lingkungan masa kini, yang penuh informasi tak mendidik.

Sebagai ibu, Sofi merasa kegiatan mendongeng bisa jadi salah satu pagar pengaman bagi anak-anak.

Saksikan bagaimana kegiatan Komunitas Kadotaman melestarikan budaya mendongeng anak dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (20/12/2015), di bawah ini.