Sukses

VIDEO: Hasil Olah TKP, Lapas Piru di Maluku Sengaja Dibakar

Lapas Kelas II-B Piru, Maluku, disimpulkan sengaja dibakar dalan kerusuhan Kamis kemarin.

Liputan6.com, Maluku - Polisi simpulkan Lapas Kelas II-B Piru, Maluku, sengaja dibakar dalan kerusuhan Kamis kemarin. Sementara di Lapas Kerobokan, Bali, polisi kembali merazia senjata tajam pascakerusuhan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (19/12/2015), Polres Seram Barat, Maluku menggelar olah TKP di Lapas Kelas II-B Piru, yang terbakar akibat rusuh antar-narapidana Kamis, 17 Desember 2015 kemarin.

Kesimpulan sementara polisi, bangunan Lapas sengaja dibakar. Sebab polisi menemukan sejumlah benda yang digunakan para napi saat merusak dan membakar bangunan Lapas.

Setelah mengumpulkan bukti dan data-data lapangan, serta memeriksa sejumlah napi dan sipir, polisi segera menetapkan tersangka.

Sebelumnya, puluhan napi mengamuk dan membakar fasilitas di Lapas Kelas II-B Piru, Maluku. Para napi bahkan sempat menyerang sipir yang sedang bertugas. Napi protes karena banyak hak mereka dikebiri, seperti hak untuk asimilasi dan lainnya.

Sementara di Denpasar, Bali, ratusan polisi dan TNI kembali menggelar razia senjata tajam dan benda-benda berbahaya lain di Lapas Kelas II Kerobokan.

Razia ini menyusul bentrokan yang terjadi antar-kelompok napi yang mengakibatkan 2 orang tewas, Kamis lalu. Tindakan ini untuk mengembalikan fungsi Lapas sebagai tempat membina napi, untuk siap kembali ke masyarakat.

Kamis lalu, 2 kelompok besar napi di Lapas Kerobokan terlibat bentrok. 2 Orang tewas. Bentrokan antara 2 kelompok ormas besar, Baladika dan Laskar Bali pun pecah di luar Lapas. 2 Orang lagi tewas dan 12 lainnya luka-luka.

Bentrokan ini mengakibatkan wisatawan takut berada di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.