Sukses

Komplotan Penipu Mama Minta Pulsa di Sidrap Diringkus

Lewat aksinya, dalam sehari pelaku bisa meraup hingga Rp 7 juta.

Liputan6.com, Sidrap - 16 Pelaku penipuan lewat pesan singkat (SMS) yang merupakan jaringan asal Sidrap, Sulawesi Selatan, ditangkap jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (12/11/2015), komplotan yang beroperasi di Jakarta, Bekasi, Bandung dan Cianjur ini kerap menipu korbannya dengan berpura-pura menjadi pejabat pemerintah. Mereka mengaku bisa membantu memenangkan tender proyek pemerintah.

Korbannya mulai dari pejabat pemerintah, polisi hingga pengusaha, dengan total kerugian mencapai miliaran rupiah.

Dalam menjalankan aksinya, komplotan ini juga melibatkan oknum pegawai bank dengan membuat rekening palsu untuk menipu korban. Ada sekitar 200 rekening palsu yang digunakan pelaku.

Sebelumnnya polisi juga menangkap 14 pelaku penipuan lewat SMS anggota jaringan Sidrap.

Komplotan ini memanfaatkan korban yang panik saat mendengar keluarganya celaka atau keluguan orang yang mudah tergiur iming-iming hadiah jutaan rupiah, sehingga kemudian mentransfer sejumlah uang.

Lewat aksinya itu, dalam sehari pelaku bisa meraup hingga Rp 7 juta.

Saking seringnya SMS penipuan dikirim, SMS seperti mama minta pulsa pun menjadi bahan olok-olok di media sosial.

Sudah sepatutnya Anda lebih waspada jika mendapat SMS dari nomor yang tidak dikenal. (Dan/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini