Sukses

Polisi Sebar Foto Tahanan Rutan Sumut yang Kabur

Penyebaran foto para tahanan yang kabur dilakukan agar masyarakat bisa mengenali wajahnya dan melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat.

Liputan6.com, Deli Serdang - Pascakaburnya 14 tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Lubuk Pakam, Kecamatan Pancur Batu pada hari Minggu 1 November 2015 lalu, pihak kepolisian menyebarkan foto para tahanan di sepanjang Jalan Jamin Ginting, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (4/11/2015), penyebaran foto para tahanan yang kabur dilakukan agar masyarakat bisa mengenali wajahnya dan melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat jika melihat.

Selain menyebarkan foto, petugas dengan bersenjata lengkap juga memeriksa penumpang kendaraan umum yang akan keluar dari Kabupaten Deli Serdang menuju Tanah Karo, Aceh maupun ke Riau dan Sumatera Barat. Sweeping dilakukan di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Tanjung Morawa.

Penjagaan Rutan Lubuk Pakam semakin diperketat. Jumlah personel keamanan penjara ditambah. Kini setiap pintu terus digembok dan dijaga oleh 2 hingga 3 petugas penjara.

Aktivitas para tahanan pun dibatasi. Petugas juga memeriksa para pengunjung yang menjenguk tahanan. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi peristiwa serupa kembali terulang karena ada dugaan faktor kelebihan kapasitas penjara menjadi penyebab tahanan kabur.

Sebab hingga kini tercatat ada 483 tahanan yang menghuni rutan padahal kapasitas rutan hanya untuk 145 tahanan. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.