Sukses

Pantang Menyerah: Mantan Pengemis Kini Jadi Peternak Unggas

Broto bersyukur tidak lagi mengemis. Dengan ternak unggas, ayah 3 orang anak ini merasa telah hidup berkecukupan.

Liputan6.com, Bekasi - Subroto dahulu biasa mengemis, kegiatan rutin yang dilakukannya beberapa tahun lalu. Subroto mengemis di sejumlah jalan ramai di Bekasi, Jawa Barat. Broto, panggilan akrabnya, biasa berjalan berkilo-kilometer dari rumahnya demi meminta belas kasihan dari para pengguna jalan.

Sebetulnya Broto yang lahir dengan 1 kaki punya keahlian memijat. Hanya saja penghasilan sebagai tukang pijat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Di mata Broto saat itu, mengemis adalah jalan keluar.

Walau bisa mendapatkan penghasilan dari mengemis, hati Broto tidak tenang. 3 tahun yang lalu, Broto pun memutuskan untuk berhenti mengemis. Dengan berbekal uang tabungan hasil memijat dan pinjaman dari tetangga, Broto mencoba untuk beternak ayam.

"Pasti aku bisa, walaupun saya cacat, ternyata saya ternak unggas sampai sekarang pun juga Alhamdulillah ada hasilnya dan mencukupi buat membantu rumah tangga," ucap Broto.

Tekad dan kerja keras Broto memang membuahkan hasil. Berawal dari 4 ekor ayam, Broto kini punya ratusan ekor ayam. Broto akhirnya mampu membeli rumah sekaligus tanah seluas 200 meter2 di Kampung Nanggewer, Bekasi.

Sekarang, bagi warga Kampung Nanggewer, Pakde Broto adalah inspirasi mereka. Broto bersyukur tidak lagi mengemis. Dengan ternak unggas, ayah 3 orang anak ini merasa telah hidup berkecukupan.

"Pakde Broto bertanggung jawab kepada anak istrinya. Yang tadinya Pakde Broto di jalan, mengemis, sekarang Pakde Broto bisa ternak unggas dan tanggung jawab kepada anak istrinya. Yang tadinya mengontrak, sekarang punya rumah sendiri," ucap salah seorang warga Wiratma.

Kini, Broto bersiap mendirikan yayasan untuk membantu para penyandang cacat dan mantan pengemis agar dapat hidup mandiri. Seperi motto hidup Broto yaitu bila ada kemauan pasti ada jalan.

"Mengajak teman-teman yang mempunyai keterbatasan seperti saya. Walaupun ada keterbatasan itu, insya Allah akan bisa seperti saya," tandas Broto.

Saksikan kisah inspirasi Subroto yang dahulunya mengemis karena memiliki kekurang fisik sampai bisa berternak unggas dalam Pantang Menyerah yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (2/10/2015) di bawah ini. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.